GANGGUAN
KONSENTRASI PADA SAAT PERKULIAHAN
MAHASISWA
TASAWUF PSIKOTERAPI
PANDUAN
OBSERVASI
A.
KAJIAN TEORI
1.
DEFINISI
OPERASIONAL
Pengertian konsentrasi
adalah pemusatan perhatian, pikiran dan jiwa dan fisik pada sebuah objek.
Konsentrasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “Pemusatan perhatian atau
pikiran pada suatu hal.” Dalam hal ini, konsentrasi yang akan dibahas yakni
terkait dengan konsentrasi belajar.
Dalam psikologi umum
(2003) dalam Nugraha (2008), “Konsentrasi belajar adalah kemampuan untuk
memusatkan pikiran terhadap aktifitas belajar”. Pengertian konsentrasi menurut
Sumartno (2004) dalam Rachman (2010) yakni: Konsentrasi belajar siswa merupakan
suatu perilaku dan fokus perhatian siswa untuk dapat memperhatikan dengan baik
dalam setiap pelaksanaan pembelajaran, serta dapat memahami setiap materi
pelajaran yang telah diberikan.
Dalam perkuliahan butuh konsentrasi yang
tinggi, waktu, tenaga, perasaan serta sementara waktu dipaksa untuk
meninggalkan berbagai kegiatan yang jauh lebih menyenangkan dari perkuliahan.
Ada banyak hal yang membuat seseorang enggan untuk belajar atau mengikuti
perkuliahan dengan baik. Salah satunya adalah karena adanya gangguan pada
saat belajar. Untuk memulai belajar saja terkadang sulit untuk dilakukan.
Ditambah lagi munculnya berbagai gangguan ketika kegiatan belajar sedang
berlangsung. Konsentrasi pun akan buyar. Bahkan belajar pun bisa
ditinggalkan, apabila orang yang sedang belajar lebih memilih untuk
menindaklanjuti gangguan konsentrasi belajar yang diterimanya.
2.
INDIKATOR
PERILAKU
Adapun indikator-indikator perilaku yang
diamati adalah :
a.
Belajar sambil main handphone /
ponsel
b.
Timbul rasa kantuk / mengantuk yang
tidak tertahankan
c.
Munculnya suara bising atau suara
berisik
d.
Diajak mengobrol oleh orang lain
3.
DESAIN
OBSERVASI
A.
TARGET
BEHAVIOR
Observasi ini
mempunyai sararan untuk mengetahui seberapa sering Subjek mengalami gangguan
konsentrasi saat perkuliahan sedang berlangsung.
B.
OBSERVER
Observer I Nama
: Muhammad Fauzi Ridwan
Usia : 19 tahun
Jenis kelamin : laki-laki
Observer II Nama : Muhammad Aziz Khoirudin
Usia : 19 tahun
Jenis kelamin : laki-laki
C.
SUBJEK
Subjek 1 Nama : AC
Usia : 20 tahun
Jenis Kelamin : laki-laki
Status : mahasiswa
Subjek 2 Nama : AY
Usia : 20 tahun
Jenis Kelamin : laki-laki
Status : mahasiswa
Subjek 3 Nama : WS
Usia : 19 tahun
Jenis Kelamin : perempuan
Status : mahasiswi
Subjek 4 Nama : DE
Usia : 19 tahun
Jenis Kelamin : perempuan
Status : mahasiswi
Subjek 5 Nama : IH
Usia : 20 tahun
Jenis Kelamin : laki-laki
Status : mahasiswa
D.
TEMPAT DAN
WAKTU PELAKSANAAN OBSERVASI
Tempat :
ruang kelas U6
Waktu :
13.00 – 14.00 wib
Lama observasi :
60 menit / satu jam
E.
INSTRUMEN
Ø Pencil
Ø Buku tulis
Ø Kamera hp
Ø Kalkulator
Ø Penggaris
F.
METODE
OBSERVASI
Kami menggunakan metode observasi Langsung (Direct Observation). Pada kegiatan
observasi langsung, observer langsung terjun ke lapangan sebagai sasaran
penelitian untuk melihat keadaan atau fenomena yang terjadi di sana. Dengan
begitu, peneliti dapat lebih mengenal karakteristik lokasi, fenomena, dan juga
subjek penelitian, dalam hal ini adalah masyarakat atau individu yang hendak
diteliti.
G.
METODE MEREKAM
DATA
Kami
menggunakan strategi observasi dari event recording dengan alasan bahwa dengan
menggunakan stategi ini, tingkat keseringan subjek mengalami ganguan
konsentrasi dapat diketahui dengan melihat perubahan perilaku atau indikator
subjek tiap waktu.
H.
MACAM
OBSERVASI
Kami
menggunakan observasi non-partisipant yaitu posisi observer hanya sebagai
penonton, pengamat, observer tidak ikut serta dalam kegiatan individu yang di
observasi.
B.
ANALISIS DATA
1.
TRANSKRIP DATA
a.
Observer I
Perilaku
|
Total
|
Subjek
|
13.00-13.20
|
13.20-13.40
|
13.40-14.00
|
Main HP
|
5
|
AC
|
II
|
II
|
I
|
|
3
|
AY
|
I
|
-
|
II
|
|
5
|
WS
|
III
|
I
|
I
|
|
1
|
DE
|
-
|
-
|
I
|
|
2
|
IH
|
I
|
I
|
-
|
|
|
|
|
|
|
Mengantuk
|
4
|
AC
|
I
|
I
|
II
|
|
3
|
AY
|
I
|
I
|
I
|
|
1
|
WS
|
-
|
I
|
-
|
|
7
|
DE
|
II
|
IIII
|
I
|
|
0
|
IH
|
-
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
Suara bising
|
4
|
AC
|
I
|
I
|
II
|
|
2
|
AY
|
-
|
I
|
I
|
|
2
|
WS
|
-
|
II
|
-
|
|
4
|
DE
|
II
|
-
|
II
|
|
3
|
IH
|
I
|
I
|
I
|
|
|
|
|
|
|
Mengobrol
|
6
|
AC
|
II
|
III
|
I
|
|
6
|
AY
|
II
|
II
|
II
|
|
6
|
WS
|
III
|
I
|
II
|
|
1
|
DE
|
-
|
-
|
I
|
|
4
|
IH
|
II
|
I
|
I
|
b.
Observer II
Perilaku
|
Total
|
Subjek
|
13.00-13.20
|
13.20-13.40
|
13.40-14.00
|
Main HP
|
5
|
AC
|
I
|
II
|
II
|
|
4
|
AY
|
II
|
I
|
I
|
|
5
|
WS
|
II
|
I
|
II
|
|
2
|
DE
|
I
|
-
|
I
|
|
1
|
IH
|
I
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
|
Mengantuk
|
3
|
AC
|
-
|
I
|
II
|
|
2
|
AY
|
-
|
II
|
-
|
|
4
|
WS
|
I
|
II
|
I
|
|
5
|
DE
|
II
|
III
|
-
|
|
2
|
IH
|
I
|
I
|
-
|
|
|
|
|
|
|
Suara bising
|
3
|
AC
|
-
|
II
|
I
|
|
3
|
AY
|
-
|
I
|
II
|
|
4
|
WS
|
I
|
II
|
I
|
|
2
|
DE
|
I
|
I
|
-
|
|
2
|
IH
|
I
|
-
|
I
|
|
|
|
|
|
|
Mengobrol
|
7
|
AC
|
II
|
III
|
II
|
|
5
|
AY
|
II
|
I
|
II
|
|
7
|
WS
|
III
|
II
|
II
|
|
1
|
DE
|
-
|
I
|
I
|
|
3
|
IH
|
I
|
-
|
II
|
2.
HASIL ANALISIS
DATA OBSERVASI
Perilaku
|
Subjek
|
Analisis
Rumus
|
Hasil
|
Main HP
|
AC
|
=
|
5
|
|
AY
|
=
|
3,5
|
|
WS
|
=
|
5
|
|
DE
|
=
|
1,5
|
|
IH
|
=
|
1,5
|
Mengantuk
|
AC
|
=
|
3,5
|
|
AY
|
=
|
2,5
|
|
WS
|
=
|
2,5
|
|
DE
|
=
|
6
|
|
IH
|
=
|
1
|
Suara bising
|
AC
|
=
|
3,5
|
|
AY
|
=
|
2,5
|
|
WS
|
=
|
3
|
|
DE
|
=
|
3
|
|
IH
|
=
|
2,5
|
Mengobrol
|
AC
|
=
|
6,5
|
|
AY
|
=
|
5,5
|
|
WS
|
=
|
6,5
|
|
DE
|
=
|
1
|
|
IH
|
=
|
3,5
|
3.
INTERPRETASI
DATA
A.
Bedasarkan proses
penghitungan/penilaian hasil observasi data subyek diatas dapat diketahui bahwa
:
1.
Urutan seberapa sering subjek
mengalami indikator perilaku main hp yaitu :
Ø Subjek AC
dengan hasil = 5
Ø Subjek WS
dengan hasil = 5
Ø Subjek AY
dengan hasil = 3,5
Ø Subjek DE
dengan hasil = 1,5
Ø Subjek IH
dengan hasil = 1,5
2.
Urutan seberapa sering subjek
mengalami indikator perilaku mengantuk yaitu :
Ø Subjek DE
dengan hasil = 6
Ø Subjek AC
dengan hasil = 3,5
Ø Subjek AY
dengan hasil = 2,5
Ø Subjek WS
dengan hasil = 2,5
Ø Subjek IH
dengan hasil = 1
3.
Urutan seberapa sering subjek
mengalami indikator perilaku suara bising yaitu :
Ø Subjek AC
dengan hasil = 3,5
Ø Subjek WS
dengan hasil = 3
Ø Subjek DE
dengan hasil = 3
Ø Subjek AY
dengan hasil = 2,5
Ø Subjek IH
dengan hasil = 2,,5
4.
Urutan seberapa sering subjek
mengalami indikator perilaku mengobrol yaitu :
Ø Subjek AC
dengan hasil = 6,5
Ø Subjek WS
dengan hasil = 6,5
Ø Subjek AY
dengan hasil = 5,5
Ø Subjek IH
dengan hasil = 3,5
Ø Subjek DE
dengan hasil = 1
B.
Dari empat indikator tersebut dapat
diketahui bahwa indikator perilaku yang sering muncul yaitu :
Ø Indikator
mengobrol dengan total nilai : 6,5 + 6,5 + 5,5 + 3,5 + 1 = 23
Ø Indikator
suara bising dengan total nilai : 3,5 + 3 + 3 + 2,5 + 2,5 = 19
Ø Indikator main
hp dengan total nilai : 5 + 5 + 3,5 + 1,5 + 1,5 = 16,5
Ø Indikator
mengantuk dengan total nilai : 6 + 3,5 + 2,5 + 2,5 + 1 = 15,5
C.
Dari lima orang subjek tersebut
dapat diketahui bahwa subjek yang sering mengalami ganguan konsentrasi belajar
yaitu :
Rumus : (jumlah observer 1) + (jumlah observer
2) = . . .
Ø Subyek AC
dengan total nilai : (5 + 4 + 4 + 6) + (5 + 3 + 3 + 7) = 37
Ø Subyek WS
dengan total nilai : (5 + 1 + 2 + 6) + (5 + 4 + 4 + 7) = 34
Ø Subyek AY
dengan total nilai : (3 + 3 + 2 + 6) + (4 + 2 + 3 + 5) = 28
Ø Subyek DE
dengan total nilai : (1 + 7 + 4 + 1) + (2 + 5 + 2 + 1) = 23
Ø Subyek IH
dengan total nilai : (2 + 0 + 3 + 4) + (1 + 2 + 2 + 3) = 17
C.
KESIMPULAN
Dalam analisis terhadap data observasi menunjukkan adanya
indikator-indikator perilaku yang ditampilkan oleh subjek yang mengalami
gangguan konsentrasi belajar di saat perkuliahan. Observer mempunyai sararan
untuk mengetahui seberapa sering Subjek mengalami gangguan konsentrasi saat
perkuliahan sedang berlangsung.
Adapun indikator-indikator tersebut meliputi belajar sambil main
handphone / ponsel, timbul rasa kantuk / mengantuk yang tidak tertahankan, munculnya
suara bising atau suara berisik dari luar kelas, dan diajak mengobrol oleh
orang lain. Observer mengamati empat indikator tersebut pada lima orang subjek.
Observer menggunakan metode
observasi Langsung (Direct Observation) dengan strategi event recording. Dengan menggunakan
stategi ini, tingkat keseringan subjek mengalami ganguan konsentrasi dapat
diketahui dengan melihat perubahan perilaku atau indikator subjek tiap waktu.
Bedasarkan proses penghitungan/penilaian hasil observasi data
subyek diatas dapat diketahui bahwa subjek yang sering bermain hp adalah AC
dengan nilai = 5, subjek yang sering mengantuk adalah DE dengan nilai = 6 ,
subjek yang sering merasa terganggu dengan indikator suara bising adalah AC
dengan nilai = 3,5 dan subjek yang sering mengobrol adalah AC dengan nilai =
6,5
Dari proses penghitungan/penilaian hasil observasi data subyek
diatas juga dapat diketahui bahwa indikator yang paling sering terjadi atau
mengganggu konsentrasi belajar adalah indikator mengobrol dengan total nilai =
23 dan subjek yang sering mengalami gangguan konsentrasi belajar yaitu subjek
AC dengan total nilai = 37.
D.
DOKUMENTASI
1. Bermain HP
disaat jam perkuliahan
2.
Tidur disaat jam perkuliahan
3.
Mengobrol disaat jam perkuliahan
4.
Suara bising dari luar kelas
E.
REFERENSI
Ki
Fudyartanta, Pengantar Psikodiagnostik, Pustaka Pelajar, Yogyakarta,
2009.
http://www.psychologymania.com/2013/04/pengertian-konsentrasi.html
diakses pada tanggal 16 sep 2015 pukul 12.00 wib.
http://www.organisasi.org/1970/01/hal-faktor-penyebab-yang-mengganggu-konsentrasi-belajar.html
diakses pada tanggal 16 sep 2015 pukul 12.00 wib.
Comments
Post a Comment